-->

Agama Ajaran Tauhid

Menurut bahasa "Tauhid" berasal dari akar kata wahhada, artinya mengesakan Tuhan. Menurut istilah ialah beriman kepada Allah, Tuhan yang maha Esa, baik sebagai pencipta alam semesta, maupun sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak menerima penyembahan dari makhluk-Nya.

Tauhid dibagi menjadi dua, yang pertama disebut Tauhid Rububiyyah, sedangkan yang kedua disebut Tauhid Uluhiyyah. Ringkasnya tauhid adalah hanya percaya kepada Tuhan yang maha Esa, dan hanya menyembah kepada-Nya.
 
Kitab suci Al-Qur'an menegaskan pula bahwa ajaran Tauid bukan saja dibawa oleh Nabi Muihammad SAW. Akan tetapi juga ajaran agama yang diwahyukan kepada para Nabi dan Rasul sebelumnya, sejak Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama.

Demikianlah prinsipnya pokok ajaran agama wahyu adalah sama, yaitu Tauhid. Adapun perbedaan syari'at antara agama wahyu yang satu dengan yang lain adalah wajar, semata-mata hanya karena perbedaan tempat dan waktu yang memerlukan perbedaan peraturan. Oleh sebab itu pada hakekatnya Islam bukan hanya agama wahyu yang terakhir akan tetapi juga ajaran wahyu yang pertama.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel